TRIK MENGGUNAKAN PIVOT TABLE DAN PIVOT CHART
a.
Pivot Table adalah
sebuah tabel interaktif yang dalam waktu singkat bisa menampilkan ringkasan
data dalam jumlah yang besar dalam bentuk dan orientasi yang berbeda serta
mampu melakukan kalkulasi pada setiap item yang dibutuhkan dengan menggunakan
cara perhitungan sesuai kebutuhan.
Trik menggunakan pivot tabel
1. Klik
salah satu sel atau range data yang akan kita buat pivot tabel-nya.
2. Pilih menu Pivot
Table yang ada di Tab
Insert -- Table -- Pivot Table. Langkah ini bisa anda lakukan dengan
menggunakan shortcut Alt+N.
Jika anda menggunakan Format Table pada data sumber langkah 2 di atas bisa juga anda lakukan dengan cara memilih menu Summarize PiVot Table yang ada pada Tab Table Tools -- Tools Group.
Ketiga langkah diatas (Menggunakan shortcut, menu Insert PivotTable dan menu Summarize Pivot Table Excel) akan menghasilkan kotak dialog Create PivotTable.
Jika anda menggunakan Format Table pada data sumber langkah 2 di atas bisa juga anda lakukan dengan cara memilih menu Summarize PiVot Table yang ada pada Tab Table Tools -- Tools Group.
Ketiga langkah diatas (Menggunakan shortcut, menu Insert PivotTable dan menu Summarize Pivot Table Excel) akan menghasilkan kotak dialog Create PivotTable.
3. Jika langkah anda benar selanjutnya akan
muncul sebuah dialog box "Create
PivotTable" Dengan nama tabel otomatis suad terisi.
Jika menghendaki range data yang lain anda tinggal menyesuaikannya.
Pada pilihan "Choose where you want the PivotTable report to be placed", anda bisa menentukan pilihan dimana PivotTable ini akan diletakkan. Pada sebuah lembar kerja (Worksheet) baru atau pada worksheet yang telah ada.
Pada latihan pivot table ini saya memilih New Worksheet yang artinya excel akan membuat sebuah Sheet baru sebagai tempat dimana PivotTable akan diletakkan. Jika anda memilih Existing Worksheet, tentukan pada sheet dan sel mana PivotTable akan diletakkan.
Selanjutnya Klik OK Untuk membuat pivot table baru dengan pengaturan diatas.
Jika menghendaki range data yang lain anda tinggal menyesuaikannya.
Pada pilihan "Choose where you want the PivotTable report to be placed", anda bisa menentukan pilihan dimana PivotTable ini akan diletakkan. Pada sebuah lembar kerja (Worksheet) baru atau pada worksheet yang telah ada.
Pada latihan pivot table ini saya memilih New Worksheet yang artinya excel akan membuat sebuah Sheet baru sebagai tempat dimana PivotTable akan diletakkan. Jika anda memilih Existing Worksheet, tentukan pada sheet dan sel mana PivotTable akan diletakkan.
Selanjutnya Klik OK Untuk membuat pivot table baru dengan pengaturan diatas.
4. Setelah memilih OK pada kotak dialog sebelumnya,
akan muncul sheet baru yang berisi Bidang PivotTable kosong pada workbook anda.
Selain itu pada bagian sebelah kanan akan muncul PivotTable
Fields.
Bidang PivotTable kosong di sebelah kiri adalah tempat dimana PivotTable akan ditampilkan, sedangkan PivotTable Field adalah pengaturan field-field data PivotTable apa sajakah yang akan ditempakan pada bagian Row, Column, Value atau Filter.
Bidang PivotTable kosong di sebelah kiri adalah tempat dimana PivotTable akan ditampilkan, sedangkan PivotTable Field adalah pengaturan field-field data PivotTable apa sajakah yang akan ditempakan pada bagian Row, Column, Value atau Filter.
5. Langkah Selanjutnya adalah melakukan Drag and Drop atau dengan
cara memilih pada bagian PivotTable Fileds untuk menentukan filed-field mana
yang akan kita letakkan pada bagian-bagian PivotTable (Row, Column, Value dan Filter)
6.
Jika
langkah-langkah yang anda lakukan persis seperti di atas maka tampilan
PivotTable yang akan anda dapatkan kurang lebih akan seperti berikut ini:
b.
Pivot chart Sebelum anda menambahkan Pivot Chart, terlebih dahulu
kita siapkan datanya dalam bentuk laporan PivotTable. untuk memulainya kami
rekemendasikan untuk memahami penggunaan dasar dari PivotTable terlebih dahulu.
Berikut ini langkah-langkah menambahkan Pivocthart :
Contoh Kasus : Tampilkan menggunakan
Pivotchart dari tabel “sales of car 2018” dibawah ini untuk komparasi antar
produk, Buatlah laporan berdasarkan “product“,
“branch“, dan hitung “total“.
1.
Buka
File PivotChart
2.
Letakan Pointer pada area data.
3.
Masuk
ke Tab Insert pilih PivotChart, “pada Versi
Excel 2013 keatas anda dapat langsung membuat pivot chart dari bentuk tabel
(Range) biasa.
4.
Pada window Create Pivot Chart, atur
parameter sebagai berikut :
§ Table/Range secara otomatis akan terseleksi,
jika dibutuhkan anda dapat seleksi ulang area datanya.
§ Pilih new worksheet untuk lokasi pivotachart
agar mudah dianalisa.
5. Klik OK
6.
Pada
Sheet baru akan di tambahkan area PivotTable dan PivotChart Kosong, gunakan
drag dan drop untuk menampilkan datanya. PivotTable dan PivotChartnya.
7.
Drag Field
“Car“, “Branch“,
dan “Total” dari Pivotable Field List ke Area
Pivot, atau Gunakan Ceklist untuk
menampilkan data pada PivotTable report.
8.
Letakan
Field “Car” dan “Branch” pada area “ROWS”
9.
Letakan
Field “Total” pada area “VALUES” (setiap field yang mau di hitung
letakan pada field Values”
10. Laporan akan otomatis terbentuk di PivotTable
dan PivotChart
Tidak ada komentar:
Posting Komentar