TUTORIAL
MENGGUNAKAN FASELITAS MAIL MERGE MICROSFT WORD DALAM MEMBUAT SURAT MASAL
1. Bukalah program Microsft Office Word.
2. Buatlah surat masalnya
(dokumennya) seperti format undangan, yang akan diisi adalah nama orang dan
alamat
Contohnya:
Kepada Yth
Di
3. Setelah selesai membuat
surat undangannya lalu simpan filenya didalam satu folder.
Contonya:
Membuat folder dengan nama : Undangan_LA17
4. Kemudian buka kembali file
yang sudah disimpan didalam folder tadi.
5. Setelah filenya dibuka,
selanjutnya membuat data nama penerima undangan dengan memilih atau mengklik
iconMailings pada Toolbar
Formatting kemudian pilih icon Select
Recipients, setelah itu klik bagian pojok kanan yang ada tanda
panah kebawah.
6. Setelah di klik plih
icon Type New List, kemudian
muncul kotak jendela New Address
List, setelah itu pilih iconCustomize
Columns pada kotak jendela New Address List kemudian muncul kotak jendela Customize Address Listkemudian hapus
semua list yang ada pada Field
Names, lalu tambahkan dengan mengklik icon Add pada jendela tersebut dan ketik “nama” lalu klik ok dan
ketik “tempat” lalu klik ok.
7. Kemudian pada kotak
jendela New Address List hanya
ada “nama” dan “tempat” saja. Kemudian ketik nama dan tempat(alamat) orang yang
akan diundang.
8. Setelah menuliskan nama dan
tempat kemudian simpan kedalam folder yang sama seperti file yang sudah
disimpan sebelumnya.
9. Setelah disimpan, kemudian
icon pada Mailings yang
tadinya terkunci sudah pada muncul semua (sudah tidak terkunci lagi).
10. Setelah menuliskan nama dan
tempat lalu letakkan kursor dibawah “Kepada Yth” kemudian pilih
icon Insert Merge Field lalu
klik pojok kanan bawah pilih nama dan akan muncul <<nama>> dibawah
tulisan “Kepada Yth”, setelah itu letakkan kembali kursor di bawah tulisan “Di”
kemudian pilih icon Insert Merge
Field lalu klik pojok kanan bawah pilih tempat dan akan muncul
<<tempat>> dibawah tulisan “Di”. Setelah selesai kemudian pilih
icon Preview Results lalu
<<nama>> dan <<tempat>> berubah sesuai yang sudah kita
buat nama dan tempatnya.
11. Jika ingin
mengedit/mengubah nama dan tempat atau juga ingin menambahkan penerima undangan
(nama dan tempat) lagi, pilih saja icon Edit Recipient List lalu klik kanan bawah pada icon tersebut,
lalu muncul kotak jendela Mail
Merge Recipient, kemudian klik data source yang akan ditambahkan
atau centang data source yang ingin diganti lalu pilih Edit.Setelah diedit lalu klik Ok.
12. Setelah semua
langkah-langkah sudah selesai lalu pilih icon Finish & Merge kemudian klik pojok kanan bawah yang ada
tanda panahnya kebawah lalu pilih icon Print Document, lalu muncul kotak jendela Merge to Printer lalu pilih Allkemudian klik Ok lalu pilih printer Send To
OneNote 2007 dan pilih page
rangenya yang All lalu
klik Ok.
13. Kemudian hasilnya bisa
dilihat di One Note.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar